Kecamatan Gedangan

 

 

 

PANTAI BAJUL MATI

 

Lokasi

Desa Bajulmati, Kelurahan Gajah Rejo, Kecamatan Gedangan, Kabupaten Malang

 

 

Jika Anda sedang berkunjung ke Pantai Sendang Biru atau ke Pantai Goa Cina, sempatkanlah waktu Anda untuk berkunjung ke Pantai Bajulmati yang eksotik, di laut selatan Kabupaten Malang. Pantai Bajulmati sendiri berlokasi di Desa Bajulmati, Kelurahan Gajah Rejo, Kecamatan Gedangan, tepatnya 58 Km arah selatan dari kota Malang atau sekitar 10 menit dari Pantai Goa Cina. Apabila ingin bepergian kePantai Bajulmati, Pantai Sendang Biru dan Pantai Goa China ini sebaiknya lewat Turen, Sumbermanjing Wetan. Dalam perjalanan menuju pantai ini harus hati-hati, meskipun jalan terbilang mulus tapi banyak jalanan yang menikung tajam layaknya jalan-jalan di pegunungan. Kondisi kendaraan harus dipastikan baik, sebab jalan sangat sepi dan tidak mudah untuk mencari bantuan.

Pantai Bajulmati mempunyai kelebihan yaitu dengan teluk-teluk nan indah. Selain menghadirkan pesona alam laut selatan, Pantai Bajulmati juga dikenal sebagai pantai yang unik. Seperti namanya yakni Bajulmati yang berarti Biawak Mati (Buaya Mati), di pantai ini Anda dapat melihat beberapa gugusan bukit diseberang pantai yang terlihat dari kejauhan seperti bajul mati. Pantai ini merupakan tempat yang baik pula untuk berkemah.

Namun sayangnya untuk Anda yang hobi berenang sepertinya akan sedikit kecewa karena struktur Pantai Bajulmati yang cukup dalam dan curam membuat para pengunjung dilarang untuk berenang di tengah pantai. Akan tetapi, Anda tidak perlu khawatir dikarenakan ada beberapa spot di bibir pantai sebelah barat yang dapat Anda gunakan untuk bermain air dengan leluasa. Karena banyaknya spot yang bagus dan indah seperti salah satunya Jembatan Bajulmati, menjadikan Pantai ini juga banyak digunakan untuk tempat berfoto.

Ketika memasuki kawasan Pantai Bajulmati, pasir putih yang masih bersih akan menyambut Anda. Pantai ini masih sepi akan pengunjung, hanya terdapat beberapa toko yang menjual makanan kecil di sekitar pantai, karena memang pengelolaan pantai ini baru dimulai pada tahun 2011. Seperti halnya dengan pantai-pantai yang ada di Kabupaten Malang, Pantai Bajulmati ini cukup ramai pada waktu memperingati hari-hari besar, misalnya Idul Fitri, Mauludan dan lain sebagainya.