Kecamatan Singosari

 

 

STUPA SUMBERAWAN

 

Lokasi

Desa Toyomarto, Kecamatan Singosari, Kabupaten Malang.

Ditemukan

Thn 1904

Panjang

6,25 m

Lebar

6,25 m

Tinggi

5,23 m

 

Stupa Sumberawan atau juga disebut dengan Candi Sumberawan adalah satu-satunya Stupa yang dapat ditemukan di Jawa Timur, tepatnya berada di kaki Gunung Arjuna pada ketinggian 650 meter dpl, di Desa Toyomarto, Kecamatan Singosari, Kabupaten Malang, Jawa Timur. Stupa ini juga merupakan salah satu peninggalan kerajaan Singosari yang dulunya digunakan oleh umat Budha, sehingga  lokasinya berjarak tak jauh dari Candi Singosari, hanya sekitar 6 km.

Candi Sumberawan pertama kali ditemukan pada tahun 1904. Pada zaman Hindia Belanda pada tahun 1937 diadakan pemugaran pada bagian kaki candi, sedangkan sisanya direkonstruksi secara darurat.

Para ahli purbakala memperkirakan Candi Sumberawan dulunya bernama Kasurangganan, sebuah nama yang terkenal dalam kitab Negarakertagama. Tempat tersebut telah dikunjungi Hayam Wuruk pada tahun 1359 masehi, sewaktu ia mengadakan perjalanan keliling. Dari bentuk-bentuk yang tertulis pada bagian batur dan dagoba (stupanya) dapat diperkirakan bahwa bangunan Candi Sumberawan didirikan sekitar abad 14 sampai 15 masehi yaitu pada periode Majapahit.

Untuk mengunjungi wisata sejarah ini, bisa menggunakan sepeda motor dan langsung sampai di lokasi Candi Sumberawan, akan tetapi bila menggunakan mobil, harus memarkirnya di tepi jalan besar dan melanjutkan perjalanan dengan berjalan kaki, sebab lokasi masuk Candi kira-kira sejauh 700 m dengan lebar jalan sekitar 1 m.