KEPANJEN – Upacara dalam rangka Hari Ulang Tahun (HUT) ke-37 Satuan Pengamanan (Satpam) Kabupaten Malang tahun 2017 ini di gelar, di Lapangan Satya Haprabu Polres Malang, Kecamatan Kepanjen, Rabu(10/1) Pagi.  Bertindak sebagai Inspektur Upacara Kapolres Malang AKBP Yade Setiawan Ujung, SH, SIK, MSi. Dengan mengusung tema ”Melalui Peningkatan Kompetensi Kita Wujudkan Profesionalisme Satpam Dalam Rangka Menciptakan Keamanan dan Ketertiban Lingkungan Kerja ”.

Upacara ini juga dihadiri Wakli Bupati (Wabup) Malang Drs. H.M. Sanusi MM, Kepala Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Kabupaten Malang, Muspika Kepanjen, jajaran Kapolsek Polres Kabupaten Malang, beberapa Pimpinan perusahaan pengguna Satpam yang ada diwilayah Kabupaten Malang, dan peserta upacara yang terdiri dari Bhabinkamtibmas, Satpam dari beberapa Pperusahaan di wilayah Kabupaten Malang, Polisi Hutan (Polhut), serta Satpol PP Kabupaten Malang.

Dalam kesempatan tersebut, Kapolres Malang membacakan amanat Kepala Kepolisian Republik Indonesia Jenderal Tito Karnavian, dimana bahwa semua anggota satuan pengaman harus bersikap tegas dan cermat menjaga keamanan serta ketertiban dengan meningkatkan komunikasi koordinasi dan kemitraan dengan polri.

“Satpam memiliki posisi strategis, sebagai yang terdepan dalam rangka upaya menciptakan jaminan perlindungan terhadap dunia usaha di negara kita. Oleh karenanya penyiapan kemampuan profesional anggota satpam hendaknya mendapatkan atensi dan prioritas oleh seluruh pemangku kepentingan bersama Polri,” tegasnya.

Sementara itu Wabup berharap agar peringatan Hari jadi Satpam ini menjadi momentum terwujudnya peyelenggaraan satuan pengamanan yang prima. “Keinginan kita untuk mewujudkan penyelenggaraan satuan pengamanan yang prima, hendaknya dibarengi dengan memperkuat tiga pilar utama penyangga industrial security yaitu sistem, peralatan dan personel pengamanan, melalui upaya-upaya real yang bersifat sinergis simultan dan berkesinambungan,” ucapnya.

Wabup mengucapkan terimakasih kepada seluruh komunitas anggota Satpam, Pimpinan badan usaha jasa pengaman, Asosiasi  bidang pengamanan serta seluruh Stakeholder, atas dedikasi dan kerja samanya dalam menumbuhkembangkan bentuk-bentuk pengamanan swakarsa menjadi satu standar system manajemen pengamanan di Indonesia yang diakui oleh masyarakat dunia.

“Saya berharap khususnya kepada jajaran Polres Malang, dalam upaya meningkatkan kompetensi Satuan Pengamanan saat ini, diharapkan mempersiapkan bahan ajar pelatihan yang mencangkup materi pengamanan dasar,  bidang ketenagalistrikan, logistik pangan, pengawalan sehingga kedepan posisi Satpam ini menjadi profesi yang prestisius,” harapnya.

Upacara HUT)ke-37 Satpam, Kabupaten Malang ini diakhiri dengan simulasi sistem keamanan yang diperagakan oleh Satpam dari PT Bentoel, Kec. Singsosari, PT Pindad Kec.Turen Kab. Malang. Acara  dilanjutkan dengan tasyakuran yang dilaksanakan di Gedung Sanika Satyawada, Polres Malang. (humas/tup)