KEPANJEN - Bupati Malang, Dr. H. Rendra Kresna secara resmi membuka kegiatan Sosialisasi Perhutanan Sosial di Pendopo Kabupaten Malang, Kota Kepanjen (6/1) pagi. Sosialisasi ini diselenggarakan oleh Badan Pembangunan Perencanaan Daerah (Bapedda) Kabupaten Malang dan menghadirkan pemateri Perhutanan Sosial, yakni Staf Ahli PPSA Penegakan Hukum KLHK, Koesnadi Wirasapoetra.

Bupati Malang dalam sambutannya menyampaikan bahwa sosialisasi ini penting karena ada sesuatu yang sangat mulia yang nantinya hendak dicapai untuk kesejahteraan rakyat. 

"Oleh karena itu perlu dipersiapkan dan ditindaklanjuti sehingga masyarakat dipinggir hutan, pemanfaat-pemanfaat hutan yang selama ini masih mengalami kemiskinan bisa terangkat kesejahteraannya. Salah satunya dengan cara memanfaatkan hutan yang tidak produktif dan hutan yang masih kritis", ungkap Pak Rendra, sapaan akrab Bupati Malang ini.

Ia mengatakan tujuan mulia tersebut tentunya harus dilakukan dengan baik dan benar. Jangan sampai melakukan sesuatu yang akhirnya mengakibatkan berhadapan dengan hukum. "Maka perlu diketahui, dipahami dan dipedomi serta dipakai sebagai dasar segala aturan hukum dalam mencoba mengangkat kesejahteraan masyararakat melalui program kehutanan sosial ini," terangnya.

Pak Rendra juga mengutarakan kekagumannya akan Bapak Presiden RI, Ir. Joko Widodo. Pasalnya, Pak Jokowi, sapaan akrab Presiden RI tahu persis keadaan masyarakat di Indonesia, khususnya masyarakat yang tinggal di tepi hutan.

"Pak Jokowi memiliki latar belakang pendidikan insinyur kehutanan dan beliau sebelumnya memiliki profesi yang berhubungan dengan perkayuan, yakni sebagai pengusaha mebel. Sehingga hampir setiap hari beliau berhubungan dengan masyarakat di daerah hutan," paparnya.

"Oleh sebab itu, Pak Jokowi mengeluarkan aturan dalam bentuk Peraturan Menteri 83 tahun 2016 dan Peraturan Menteri 39 tahun 2017 yang mengatur secara teknis pemanfaatan hutan untuk kesejahteraan rakyat," kata Pak Rendra lebih lanjut.

Di akhir sambutannya, Pak Rendra menyampaikan kepada seluruh Kepala Desa yang hadir agar dapat mengikuti acara sosialisasi ini sampai akhir. Hadir pula dalam acara tersebut Kepala Bapedda Kab. Malang, Ir. Tommy Herawanto, MP serta jajaran Perangkat Daerah Kabupaten Malang. (humas/dan)