MALANG – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Malang meraih penghargaan Innovative Government Award (IGA) Peringkat Terbaik ke-3 Tingkat Nasional kategori Kabupaten Tahun 2017 dari Kementerian Dalam Negeri di Puri Agung Convention Hall, Hotel Grand Sahid Jaya, Jakarta pada hari Senin (18/12) malam. Rencananya, Wakil Bupati Malang, Drs. H. M. Sanusi, MM yang menerima langsung penghargaan bergengsi tersebut mewakili Bupati Malang, Dr. H. Rendra Kresna.

Hal ini dibenarkan Kepala Bagian Humas dan Protokol Kabupaten Malang, Drs. Suwadji, S. IP., M.Si di ruang kerjanya, Senin (18/12) pagi. Ia mengatakan, Kemendagri memberikan penghargaan ini kepada Pemkab Malang menyusul Bupati telah berhasil meyakinkan dewan juri terkait lima inovasi yang dipresentasikan di Hotel The Acacia Jakarta, beberapa waktu lalu.

Dijelaskan Suwadji, lima inovasi itu meliputi Perpustakaan Berbasis Teknologi Informasi dan Komunikasi di Bululawang, TPSR Talangagung, Home Care di Puskesmas Turen, pelayanan penduduk Jebol Anduk di Kelurahan Dampit dan Contra War di Malang. Setelahnya, dewan juri giliran mengirim utusan untuk mensurvey langsung ke masing-masing lokasi.

‘’Tentunya ini merupakan program inovatif dari Kabupaten Malang yang sudah diakui secara nasional. Bahkan, Contra War sudah digunakan pemerintah pusat untuk diterapkan di seluruh kota maupun kabupaten di Indonesia,” terang Suwadji di ruang kerjanya, Senin (18/12) siang.

Ia menambahkan, masuknya Pemkab Malang dalam penghargaan IGA ini tentunya tidak lepas dari peran serta Bupati dengan kebijakan yang kreatif dan inovatif. Utamanya, kelima inovatif tersebut diciptakan dan diterapkan sebagai langkah untuk memberikan pelayanan terbaik bagi masyarakat Kabupaten Malang. Tentunya, sesuai dengan visi misi yang ditekankan Bupati yakni Madep Manteb Manetep.

‘’Saat presentasi yang juga didepan beberapa kepala daerah lainnya, Bapak Bupati sudah presentasi dengan baik dan kami yakin dapat meraih penghargaan tersebut. Selain itu, tim survey yang merupakan utusan dewan juri IGA saat ke Malang juga kerap kali menegaskan jika inovasi yang diciptakan Pemkab Malang sangat inspiratif dan layak ditiru oleh daerah lainnya,” pungkas Suwadji. (humas/poy)