SISWA HEBAT : Bupati Malang, Dr. H. Rendra Kresna saat meninjau stand SMK Negeri 1 Turen, Kamis (14/9) pagi.

Puncak Peringatan Hari Lingkungan Hidup se Dunia Tahun 2017

TUREN - Puncak peringatan Hari Lingkungan Hidup se Dunia tahun 2017 yang digelar Pemerintah Kabupaten Malang berlangsung semarak di Halaman Luar Stadion Kahuripan Talok Turen, Kamis (14/9) pagi. Acara dikemas dengan sejumlah kegiatan mulai dari pemberangkatan Kirab Piala Adipura, Pameran dan Bina Cinta Alam, penanaman pohon, pelepasan burung, penyerahan bantuan bagi masyarakat miskin hingga launching kembali Gerakan Jumat Bersih. 

Bupati Malang, Dr. H. Rendra Kresna didampingi Ketua TP PKK Kabupaten Malang, Hj. Jajuk Rendra Kresna hadir dalam peringatan ini sejak awal hingga selesai. Bupati bersama jajaran Forpimda dan tamu undangan mengawali kegiatan dengan meninjau stand pameran dan Bina Cinta Alam. Hampir semua yang ikut ambil bagian menampilkan kecintaannya menjaga lingkungan hidup. 

"Kalian semua masih muda sudah pandai dan peduli terhadap lingkungan sekitar sekolah dan tempat tinggalmu. Bisa menanam sayuran hidroponik sebaik ini. Juga mampu memanfaatkan sinar matahari menjadi listrik," puji Pak Rendra kala berdialog dengan siswa SMK Negeri 1 Turen yang bertugas di stand pameran milik sekolahnya.

Usai meninjau stand pameran, Bupati kemudian menyerahkan Piala Nirwasita Tantra kepada Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Malang. Bupati berlanjut memberangkatkan Kirab Piala Adipura kategori Kota Kecil serta menyerahkan piala tersebut kepada Camat Turen untuk diarak secara estafet bersama Camat Gondanglegi dan Camat Kepanjen melalui jalan utama Turen, Gondanglegi hingga Kota Kepanjen dan finish di Kantor Camat Kepanjen. Serta, Bupati menyerahkan Piala Proklim yang diterima Desa Rejosari Kecamatan Bantur melalui Camat Bantur.

"Ketiga piala tingkat nasional ini merupakan hasil kerja keras kita semua dalam bidang kepedulian terhadap lingkungan hidup. Kita patut bersyukur dan semoga penghargaan ini mampu menambah semangat kita agar semakin dan lebih peduli terhadap lingkungan hidup menuju Kabupaten Malang yang sesuai tema peringatan Hari Lingkungan Hidup se Dunia tahun 2017. Yakni Conecting People to Nature, dengan maksud kembali ke alam untuk lebih peduli," ujar Bupati seusai kegiatan. 

Pak Rendra juga memimpin kegiatan tanam pohon dan lepas burung pada kegiatan peringatan Hari Lingkungan Hidup se Dunia tahun 2017 di Kabupaten Malang ini. Bupati kemudian lakukan sejumlah penyerahan diawali penyerahan bibit pohon dari PJB sebanyak 500 bibit dan PR Gudang Baru sebanyak 100 bibit yang merupakan kerjasama dalam rangka meningkatkan kualitas lingkungan hidup Kabupaten Malang.

Selain itu, ia juga menyaksikan lomba fashion show daur ulang yang diikuti siswa perwakilan sekolah mulai tingkat SD, SMP hingga SMA. Tak ketinggalan Bupati juga menyerahkan secara simbolis sembako kepada masyarakat miskin sebanyak 100 paket, menyerahkan kendaraan roda tiga, gerobak dan tempat sampah, menyerahkan bibit pohon kepada Camat Turen, Pujon, Lawang dan Sumbermanjing Wetan.  (humas/poy)