KROMENGAN - Festival Wayang Kulit 2017 yang dihadiri Wakil Gubernur Jawa Timur Saifullah Yusuf dibanjiri penonton di Lapangan desa Slorok Kecamatan Kromengan. Wakil Bupati Malang HM. Sanusi, MM saat memberikan sambutan dalam kegiatan tersebut menyampaikan, "Semarak acara wayang merupakan sarana tontonan masyarakat dan tuntunan untuk membangun pendidikan mentalitas juga", Rabu (13/9) malam.

Menurut Wabup, kebudayaan wayang perlu digalakkan dan di semarakkan terus - menerus. "Semoga semakin hari, pagelaran wayang bisa terus mewarnai kegiatan di masyarakat, karena saat ini kesenian seperti ini harus terus di kenalkan bukan hanya di tingkat internasional. Di dalam negeri juga harus diberikan program regenerasi", ungkapnya.

Gus Ipul sapaan akrap Wagub Jatim tersebut menyampaikan, " Wayang itu merupakan peninggalan penting dalam sejarah nusantara, bahkan sejak jaman Presiden Sukarno, wayang sudah menjadi hiburan di Istana Negara",  tuturnya.

Untuk memeriahkan suasana panitia menghadirkan Dalang kondang Ki Anom Suroto dengan lakon Dwaraka Binangun. Selain dihibur wayang juga dibagikan hadiah sepak bola piala Gus Ipul Cup yang di menangkan Mampang FC dari Desa Slorok Kecamatan Kromengan.

Hadir dalam acara tersebut Kepala Bagian Administrasi Kesejahteraan Rakyat Setda Kabupaten Malang Ir. R. Taufiq Hidayat serta jajaran Muspika Kromengan, serta tokoh agama setempat KH. Bashori Alwi yang membacakan doa untuk menandai dimulainya Festival Wayang malam itu. (humas/sur)