DILEPAS : Bupati Malang, Dr. H. Rendra Kresna secara simbolis memberikan uang saku kepada anggota Sibat Kabupaten Malang.

MALANG - Bupati Malang, Dr. H. Rendra Kresna melepas anggota SIBAT (Siaga Bencana Berbasis Masyarakat) Kabupaten Malang yang akan ikut serta pada Temu Sibat ke 2 tahun 2017 di Peringgitan Kabupaten Malang, Selasa (12/9) pagi. Sebanyak 45 personil Sibat mendapat dukungan penuh dan diharapkan mampu menjadi terbaik pada kegiatan yang digelar di Bogor, 16-21 September nanti. 

Bupati menjelaskan, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Malang ini terus menyemangati para relawan baik bagi anggota PMI, PMR, Sibat termasuk penggiat mitra PMI. Baik dalam bentuk pendidikan pelatihan, rakor, temu relawan dan temu kader, bahkan dengan pendonor pun dengan setiap tahunnya menggelar kegiatan.

"Keseluruhannya itu dalam rangka memompa semangat bahwa kita ini tidak pernah berhenti mempersiapkan diri kita sebagai relawan kemanusiaan. Di tingkat nasional beberapa kegiatan juga digelar oleh PMI Pusat dalam meningkat semangat dan kemampuan sebagai relawan," ujar Bupati. 

Pria ramah ini menyampaikan, Temu Sibat yakni sebuah kegiatan berskala nasional. PMI pusat juga akan gelar konsolidasi sedianya diadakan di Raja Ampat Papua, tahun depan. Tentunya, kegiatan ini bermotif memacu, memelihara dan meningkatkan semangat

"Sibat Kabupaten Malang jangan hanya sebagai penggembira, harus bisa menunjukkan kita ini yang terlatih dan setiap saat siap dan bisa diterjunkan dalam segala medan. Terus semangat mengasah kemampuan, jaga kekompakan tim, dan selalu tampil yang terbaik," harap Bupati. 

Bupati akan hadir dikarenakan juga mendapatkan kesempatan memperoleh penghargaan dari Pemerintah Pusat bukan sebagai Ketua PMI Kabupaten Malang tetapi sebagai Bupati Malang yang memiliki kepedulian dalam kegiatan-kegiatan kemanusiaan. Ia kemudian bergabung bersama anggota Sibat Kabupaten Malang di Bogor.

"Selamat dan sukses di Bogor. Harus menunjukkan yang terbaik, serta jaga kesehatan dan makan yang banyak juga. Karena di Bogor cuacanya hampir sama dengan di Malang," harap Bupati. 

Dalam Temu Sibat di Bogor, anggota Sibat Kabupaten Malang akan menjalani rangkaian kegiatan. Diantaranya latihan gabungan pertolongan pertama, manajemen dapur umum, ketahanan iklim, pendidikan dan ketrampilan hidup sehat, sosialisasi pemanfaatan aplikasi cuaca maritim untuk masyarakat pesisir, manajemen resiko pengendalian ekosistem dan pembangunan, dan talk show peran Sibat dalam membantu masyarakat. (humas/poy)