Berita

Awan Tebal, Tidak Terlihat Hilal

 | dibaca 22091 kali


Malang (09/07) – Tim Hisab-Rukyat dari Kementerian Agama melakukan pengamatan di landasan Helipad Satuan Radar TNI AU di Ngliyep, Kecamatan Donomulyo Kabupaten Malang, Senin (08/07) kemarin. Kegiatan yang rutin dilaksanakan tiap tahun ini diikuti oleh tim-tim hisab rukyat dari kantor kementerian agama se-Malang Raya dan Pasuruan. Selain itu, hadir juga Tim Hisab-Rukyat dari berbagai ormas, pondok pesantren, dan perguruan tinggi yang ada di Malang.

Bupati Malang, H. Rendra Kresna yang juga hadir dalam kegiatan ini, dalam sambutannya menyampaikan bahwa berhasil maupun tidaknya hilal terlihat pada hari itu, namun penggemar rukyat dan pecinta hisab yang hadir telah menunaikan salah satu kewajiban syariat Islam untuk melakukan rukyat dalam menentukan awal Ramadhan.

Tim rukyatul hilal Kab. Malang H. Sonhaji S.Ag menjelaskan bahwa sebelum melakukan rukyat, tim-tim hisab dari berbagai lembaga memang telah melakukan perhitungan hisab dengan berbagai metode, diantaranya metode Ephemeris dan Sullamunnaiyirain. Metode Ephemeris merupakan metode yang melakukan perhitungan dengan menggunakan data matahari dan data bulan yang disajikan setiap jam. Sedangkan Metode Sullamunnaiyirain adalah metode yang dijelaskan dalam kitab Sullamunnaiyirain. Masih banyak lagi metode yang digunakan oleh ahli Hisab dalam melakukan perhitungan untuk menentukan kapan dilakukan rukyatul hilal menentukan jatuhnya awal bulan hijriah.

Yang dimaksud Hilal sendiri adalah penampakan bulan yang paling awal terlihat menghadap bumi setelah bulan mengalami konjungsi/ijtimak. Bulan awal ini, bulan sabit akan tampak di ufuk barat (Maghrib) saat matahari terbenam. Namun mulai matahari tenggelam pukul 17.27 WIB hingga matahari terbenam dari ufuk barat pukul 17.37 WIB, tim belum berhasil melihat hilal karena terhalang awan tebal, tim akhirnya sepakat menyatakan tidak dapat melihat hilal. (Humas/fan)



Home | Pasang Banner | Redaksi | Syarat & Kondisi

Visit & Enjoy of Kabupaten Malang - Copyright 2013 Pemerintah Kabupaten Malang
Jl. Panji No. 158 Kepanjen, Malang - Telp. (0341) 392024 - Fax. (0341) 326791 - 392024