Berita

Parenting Skill Bagi Orang Tua

 | dibaca 418 kali


                 Malang(2/04)-  Peran orang tua terutama PNS perempuan dan tenaga pendidik diharapkan tidak hanya mampu mengelola tugas kedinasannya dengan baik  dan penuh dengan rasa tanggung jawab tetapi juga mempu memberikan peran yang seimbang  sabagai orang tua bagi putra-putrinya sehingga dapat membangun kondisi yang harmonis dalam rumah tangga.  Pendidikan Kecakapan Orang  Tua (parenting skill) bagi tenaga pendidik dan orang tua khususnya  PNS yang usia perkawinannya masih relatif muda sangat diperlukan.  Berdasarkan hal tersebut diatas Kantor Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (KP3A) menggelar kegiatan Pelatihan  Pendidikan  Kecakapan  Orang Tua (Perenting Skill)  bagi orang tua, tenaga pendidik serta Pegawai Negeri Sipil (PNS) pada hari Kamis, 25 April 2013 di Pendopo Agung Kab. Malang.

            Dalam sambutannya  Bupati Malang, H. Rendra Kresna menyampaikan bahwa, dalam kehidupan sehari-hari  tidak  sedikit orang yang salah dalam mendidik anak, kita masih terpancang pada sebuah keinginan bahwa  anak-anak harus selalu menuruti  kemauan orang  tua.  Bukan membantu bagaimana  anak-anak kita menjadi anak yang kita kehendaki yaitu  sholeh/sholeqah, cerdas tetapi   dengan cara memaksa anak tersebut mengikuti cara  kita yang belum tentu sesuai dengan anak. Karena anak-anak sekarang  sudah memiliki banyak  pembanding-pembanding.“ Bahwa mendidik anak mengajar anak harus mengikuti perkembangan yang  ada . Karena kecerdasan anak sekarang sudah  mengikuti  perkembangan,” jelas Bupati dihadapan para peserta Pelatihan Parenting Skill yang hampir semuanya perempuan ini.  Dijelakannya pula bahwa mendidik anak sesuai dengan perkembangan perlu dengan belajar dan belajar,  salah satunya dengan pelatihan parenting skill. Apakah kita sudah benar dalam mendidik anak-anak kita,  karena anak-anak selalu memperbandingkan,  tidak hanya dengan apa yang terjadi dilingkungannya dia  dengan teman-temannya tetapi dengan orang tuanya.  Bupati menekankan , pentingnya mengikuti acara ini karena  dapat dikembangkan nantinya, terutama para guru-guru TK, IGRA . Karena usia sampai dengan delapan tahun atau Golden Age, adalah usia yang akan mencetak karakter dasar  seorang anak.  Disinilah  peran seorang ibu sangat menentukan dalam pembentukan karakter anak.  Mendidik anak  dengan cara-cara tertentu yang tidak sesuai dengan keinginan anak  bisa menjadikan  anak yang  tidak sesuai  dengan harapan kita. Diakhir sambutannya Bupati berpesan kepada para orang tua untuk lebih memperhatikan lingkungan pergaulan anak di luar sekolah dan di luar rumah, dengan siapakah anak kita bergaul diluar sekolah dan rumah tersebut. “ Jangan sampai salah dalam memilih teman dalam pergaulannya yang nantinya akan memberikan dampak yang tidak baik bagi anak-anak kita,” demikian pesan bupati.  

               Dalam  Laporan Ketua  Penyelenggara Acara, Kepala KP3A, Dra. Pantjaningsih SR , menjelaskan bahwa tujuan diselenggarakannya kegiatan ini adalah untuk meningkatkan wawasan dan pengetahuan orang tua tentang tanggung jawab dalam pengasuhan anak-anak untuk mendidik dan memelihara putra-putrinya dalam mempersiapkan dan mewujudkan kebahagian hidup dimasa depan. Meningkatkan kesadaran orang  tua bahwa anak sebagai generasi penerus bangsa yang memerlukan perlindungan. Meningkatkan peran orang tua sebagai  pendidik (educator) dan sebagai pendorong (motivator) serta pembimbing yang dapat menjalin komunikasi dua arah yang baik dan mempunyai waktu dalam mendampingi putra-putrinya sesuai dengan kebutuhan.

            Pelatihan Parenting Skill ini diikuti oleh 500 orang peserta yang terdiri dari : 117 orang PNS dari Dinas,Badan, Kantor dan Bagian. 300 tenaga pendidik dan orang tua dari Lembaga IGRA, HIMPAUDI, IGTKI. 83 orang dari pengurus dan anggota Fatayat NU Kab. Malang  serta Paguyuban Orang Tua Murid SD Negeri/swasta di  5 Kecamatan  (Kepanjen, Singosari, Dau, Karangploso dan Pakis). Menghadirkan Narasumber yaitu, Dosen Fakultas Psikologi Univ. Muhammadiyah Malang, Yudi suharsono, S.Psi, M.Si dengan materinya Pola Asuh Anak Sesuai Dengan Tingkatan Usianya. Pemateri ke dua yaitu, Dosen Fakultas Kedokteran Univ. Brawijaya Malang, dr. Arif Alamsyah dengan materinya, Membangun Keluarga Yang Bahagia dan Sejahtera di Era Global. (Hms/gyo)



Home | Pasang Banner | Redaksi | Syarat & Kondisi

Visit & Enjoy of Kabupaten Malang - Copyright 2013 Pemerintah Kabupaten Malang
Jl. Panji No. 158 Kepanjen, Malang - Telp. (0341) 392024 - Fax. (0341) 326791 - 392024